Manfaat Data Mining dalam Manajemen Hubungan Pelanggan

Pernahkah anda mendengar istilah data mining? Apa maksud dari data mining? Dan apa kegunaanya? Lalu apa hubungan data mining dengan manajemen hubungan pelanggan? Dalam artikel ini, saya akan sharing sedikit apa yang saya ketahui mengenai Data Mining dan apa hubungan Data Mining dengan manajemen hubungan pelanggan.

Data Mining atau pertambangan data adalah suatu aplikasi database yang memiliki kemampuan pencarian data yang menggunakan statistikal algoritma untuk menemukan pola dan korelasi dalam data. Data mining dapat menemukan informasi yang berada di gudang data dalam perusahaan. Data mining mempunyai pola dan hubungan yang menggambarkan langkah-langkah yang harus diambil untuk memastikan hasil yang tepat. Software data mining bertujuan unutk mengetahui bisnis, memahami data dan membantu analis bisnis untuk menghasilkan hipotesis. Beberapa contoh Data Mining yang saya ketahui adalah Data Clustring, Program PHP-MySQL Dreamweaver, Data Mining, Sequential Pattern 562 Desain, dan dFuzzy c-Covering.

Manajemen Hubungan Pelanggan atau disebut juga CUSTOMER RELANTIOSHIP MANAGEMENT (CRM) adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. Hal ini melingkupi semua aspek perusahaan yang berhubungan dengan calon pelanggan.
CRM juga mencakup pengembangan yang menawarkan produk untuk dijual pada pelanggan. Dalam penjualan, perusahaan menggunakan manajemen pemasaran untuk menargetkan peningkatan efektivitas pemasaran.Tujuan dari manajemen hubungan pelanggan adalah meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian terhadap kebiasaan dan perilaku (behavior) pelanggan. Sumber data manajemen hubungan pelanggan ini dapat diperoleh melalui survei pelanggan dari pemberian pertanyaan, serta perilaku data yang terdapat dalam sistem transaksi (contohnya catatan kartu kredit)

Lalu, apa hubungan Data Mining dengan Manajemen Hubungan Pelanggan??? Kemajuan teknologi zaman sekarang membuat hubungan pemasaran lebih maju, sehingga hubungan perusahaan dengan pelanggan menjadi pusat masalah bisnis perusahaan dalam konsep pemasaran. Manajemen hubungan pelanggan ini dapat membantu proses penjual dan pembeli perusahaan untuk berkomunikasi menawarkan produk yang ditargetkan dan meningkatkan efisiensi bagi kedua pihak. Untuk itu data mining dapat dipilih sebagai sistem yang tepat untuk kemajuan perusahaan. Data mining dapat menemukan informasi yang berada di gudang data perusahaan yang terletak pada penyimpanan data komputer dan data bisnis tersebut dapat bermanfaat sebagai informasi dalam setiap langkah pembangunan. Data mining juga dapat memprediksi keuntungan perusahaan dari pelanggan. Data mining memainkan peran penting dalam proses manajamen hubungan pelanggan dengan mencakup interaksi pelanggan dengan data dan perangkat lunak manajemen. Program manajemen hubungan pelanggan yang menggunakan data mining dapat mengakibatkan peningkatan nilai pelanggan perusahaan bila digunakan dengan sistem yang tepat.
Nah, itulah pembahasan singkat saya mengenai Data mining untuk Manajemen hubungan pelanggan. Sudahkah anda tertarik menggunakan Data Mining untuk kemajuan perusahaan?

This entry was posted in IT for Bussiness. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s