About E-learning

Dalam era yang marak akan kemajuan teknologi ini dapat kita lihat bahwa semua teknologi menuntut kita untuk terus mengikuti perkembangannya. Bahkan kita juga dituntut agar dapat menerapkan teknologi dalam melakukan aktivitas kita. Dalam segala bidang kemajuan teknologi sudah sangat pesat baik dunia kerja, permainan, bisnis dan bahkan di dunia pendidikan juga. Dengan demikian dibutuhkanlah sebuah buku elektronik (Sistem pembelajaran elektronik) yang pemakaiannya mengikuti perkembangan zaman dan mudah didapatkan serta dipelajarinya. Dalam hal ini, E-Learning akan menjadi topik pembahasan saya..

E-learning adalah Elektronik pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi. E-learning dapat mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran, dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak terkait. Secara informal artinya dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter, atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan, atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas. Pengertian umum dari E-Learning adalah memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas.

E-learning sendiri pertama kali diperkenalkan oleh universitas illinois  di Urbana dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer yang bernama PLATO. Perkembangan E-learning dari masa ke masa adalah sebagai berikut :

  • Tahun 1990  Era CBT (Computer-Based Training) di mana bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC  ataupun berbentuk kemasan CD-ROM.
  • Tahun 1994  CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara masal.
  • Tahun 1997  LMS (Learning Management System), mulai terkoneksi dengan internet.
  • Tahun 1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total.

Alasan masyarakat tertarik dengan e-learning adalah karena dapat dengan mudah mendapatkan materi, pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga, menghemat biaya pengeluaran, dan tidak terbatas dengan tempat dan waktu (fleksibel). Dalam e-learning kemampuan perangkat komputer dalam mengolah data lebih cepat, kapasitas penyimpanan data semakin besar serta dapat memperluas akses atau jaringan komunikasi.

Dalam segala manfaat maupun kelebihannya, e-learning mempunyai beberapa kelemahan. Kelemahannya antara lain kurangnya interaksi antara tutor dan mahasiswa, kecenderungan mengabaikan tutor yang sedang mengajar, motivasi belajar menurun, dan ketersediaan fasilitas internet yang terbatas.

E-learning terbagi dalam 2 jenis. Jenis yang pertama adalah Computer Based Training (CBT). CBT adalah Program (Software), yang biasa dipakai untuk belajar secara interaktif dan fleksibel. Biasanya software pelajaran ini berisikan bagian multimedia, seperti Animasi dan juga bagian Tools sebagai alat untuk menyelesaikan soal-soal latihan. Jenis kedua adalah Web Based Training (WBT).Sistem ini merupakan perkembangan lanjutan dari CBT dan berbasis teknologi internet. Sehingga dengan menggunakan konsep ini, dapat terjadi komunikasi dua  arah antarpengguna. Namun lancarnya proses belajar dengan menggunakan sistem ini bergantung kepada infrastruktur jaringan kecepatan tinggi. Kendala penerapan konsep ini terletak pada kenyataan bahwa memang jaringan internet di negara kita masih belum merata.

E-learning dapat dilakukan melalui media handphone, smartphone, digital camera, internet, video phone, komputer, maupun TV cable. Nah, tertarikkah anda dengan E-learning? Baikkah jika e-learning diterapkan dalam pendidikan di Indonesia?? Bagaimana pendapat anda?🙂

This entry was posted in IT for Bussiness. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s