Ingin Gratis, Malah Harus Mengeluarkan Uang….

Jaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan Blackberry? Blackberry terkenal di berbagai kalangan masyarakat. Dari orang dewasa yang  pebisnis, karyawan hingga ibu rumah tangga, maupun para remaja dan anak-anak mengenal smarthphone ini. Yang membuat Blackberry begitu populer adalah fasilitas-fasilitas mendukung yang dapat membantu dan mempermudah masyarakat terutama dalam hal bisnis. Dalam fasilitas internet misalnya, Blackberry melengkapi dengan fasilitas seperti Blackberry Messenger (BBM), Yahoo Messenger, E-mail, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Fasilitas-fasilitas tersebut memudahkan pengguna Blackberry untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna Blackberry. Pengguna Blackberry hanya membutuhkan data berupa pin untuk menghubungkan Blackberrynya dengan pengguna lain. Setelah terdaftar di contact Blackberry Messenger, dengan mudahnya pengguna Blackberry dapat melakukan chatting, transfer foto dan lagu, maupun mengirim data dalam bentuk microsoft word, excel, maupun power point. Bahkan BBM dapat digunakan antar pengguna Blackberry yang berada di belahan bumi atau negara lain.

Tapi dibalik semua kehebatan dan kenyamanan Blackberry Smarthphone ini, ada kendala-kendala yang menyulitkan para penggunanya. Kendala-kendala umum yang sering dialami oleh pengguna Blackberry adalah baterainya yang tidak bertahan lama, server yang padat sehingga fasilitas internetnya sering ”lemot”, seringkali error dan harus retart ulang atau melepas baterai, contact BBM yang hilang akibat sedikit kesalahn teknis, dan lain sebagainya.

Salah satu kendala yang menyusahkan yang pernah saya alami adalah ketika saya mendownload OS yang baru lewat browser di Blackberry. Saat itu teman-teman saya memberi info mengenai OS baru untuk Blackberry. Segera saja saya download setelah mendapatkan link nya. Setelah downloadan saya selesai, saya terheran-heran ketika ingin membuka Blackberry Messenger ternyata menu tersebut hilang dari Blackberry saya. Setelah saya cari dan telusuri di menu-menu hp Blackberry, tetap saja tidak saya temukan. Segala upaya saya coba lakukan, dari merestart ulang hingga melepas baterai dan simcard namun tetap Blackberry Messenger tersebut hilang. Karena saya putus asa dan merasa tidak tahu lagi harus bagaimana akhirnya saya bawa Blackberry ke dokternya ’alias tukang servis hp’. Setelah diperiksa selama 1 jam, ’dokter’ mengatakan bahwa versi OS yang saya download tidak sesuai untuk Blackberry saya. Karena itu Blackberry Messenger saya hilang dan harus menginstal versi OS yang benar untuk hp saya. Saya kehilangan kurang lebih 350 contact BBM karena kesalahan versi tersebut. Akibatnya saya harus mengumpulkan lagi pin contact satu persatu. Belum lagi saya harus membayar mahal untuk ongkos servis Blackberry saya. Benar-benar mengherankan. Inginya download gratis tanpa dikenakan biaya. Tapi setelah kesalahan versi tersebut saya harus membayar mahal dan menguras uang jajan untuk memperbaiki Blackberry saya.

Melalui Blackberry Messenger memang banyak kita mendapatkan berbagai macam link untuk download program Blackberry gratis. Tetapi perlu diketahui, tidak semua link itu benar adanya. Kita juga perlu mengetahui info-info lebih lanjut mengenai cocok tidaknya versi dari link tersebut untuk smarthphone kesayangan kita. Dan untuk menghindari kehilangan contact BBM, sebaiknya kita melakukan back up data sehingga tidak kehilangan contact yang diperlukan. Sedangkan untuk  masalah  Blackberry yang seringkali ”lemot” ataupun error dapat diminimalisasi dengan menutup chat yang tidak diperlukan, mengurangi group dalam bbm, dan sesekali merestart Blackberry.

Akhir kata,,,, Hati-hati dengan yang gratis ya :p

This entry was posted in IT for Bussiness. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

